Love Myspace Comments
MyNiceSpace.com
Definisi Cinta

Have you ever feel it? What do you think about love? It’s fantastic or beautiful ? Begitu mendengar kata ini mungkin yang terlintas dibenak kita cuma keindahan atau sesuatu yang menenangkan jiwa. Cinta mempunyai arti yang besar dalam kehidupan manusia. Tak heran lagi aq menengahkan judul ini pada post ke 2 ku dalam blog ini. Sebelum kita membahas definisi cinta baiknya saya ceritakan sedikit hal-hal yang berkaitan dengan cinta.

Sejak Nabi Adam A.S. belum diturunkan ke dunia, cinta sudah menjadi bagian yang penting dalam penciptaan semesta, termasuk di dalamnya penciptaan manusia. Kenapa?? Karena sejatinya manusia diciptakan ke dunia ini berdasarkan rasa kasih dan sayang Allah SWT. Logikanya kalau Allah tidak menyayangi dan memberi peran pada manusia dalam perputaran roda dunia, Allah tidak akan pernah menciptakan manusia. Bahkan ketika Adam berkeluh kesah karena merasa sendiri dan sepi di surga, Allah menciptakan Hawa untuk menemaninya bukan. Jadi apa artinya cinta?? Apakah yang dimaksud dengan cinta adalah selalu bersama?

Syahdan sejak zaman Qabil dan Habil, cinta sudah menjadi hal yang pelik. Bahkan pembunuhan pertama di dunia didasari oleh kecemburuan semata. Kalau tidak ada yang namanya “perasaan cinta” di antara manusia, tidak akan ada ceritanya Majnun gila karena Layla. Takkan ada ceritanya drama Romeo dan Juliet bunuh diri bersama. Takkan ada pula ceritanya simfoni indah Beethoven “Di Bawah Sinar Bulan” digubah dan dikumandangkan ke seluruh dunia, juga takkan pernah ada puisi-puisi romantis para pujangga yang menulis tentang makna dan hakikat cinta. Tapi apa sebenarnya cinta?? Apakah sebatas kata-kata yang dapat diresapi maknanya?

Cinta…cinta…cinta…Kenapa cinta menjadi sesuatu yang rumit? Sedangkan Allah sendiri sebagai pencipta para makhluk pencinta ini, yang mempunyai gelar Ar Rahman serta ArRahiim telah menyatakan sejelas-jelasnya arti Cinta itu sendiri, yakni Cinta kepada- Nya. Cinta kepada Allah harusnya menempati posisi yang paling utama di dalam hati dan kehidupan kita, melebihi yang lainnya.

Apa sich definisi buwat kita? Apa anda punya definisi tersendiri tentang Cinta? Cinta…Cinta…Cinta…Kenapa tidak kita ciptakan saja definisi cinta bagi diri kita sendiri? Setiap orang berhak dan perlu untuk mendefinisikan arti cinta mereka. Mengapa? Karena jalan hidup setiap manusia di dunia ini sangatlah unik dan berbeda setiap detiknya. Tidak semua definisi cinta cocok bagi manusia yang lainnya, karena manusia memang belajar mengenai kehidupan dan diri mereka sendiri dari sejarah yang telah ditinggalkan, serta dari pengalaman yang telah berlalu. Berani mencintai berarti berani untuk disakiti dan mengalami rasa sakit. The one you love will be the one who hurt you most. Is It? Ya, mungkin ada benarnya. Pernahkah kita berpikir bahwa diluar sana benar-benar ada cinta yang tidak akan pernah membuat kita sakit dan patah hati?

Cinta…cinta…cinta…begitu banyak orang yang mendefinisikannya. Tapi apakah definisi cinta semua orang di dunia ini haruslah sama? Apakah jika orang bilang cinta itu begini, ataupun cinta itu begitu, rasa sayang ini begini, rasa sayang itu begitu, maka kita harus mengikuti definisi yang diberikan oleh orang-orang tersebut…?? Padahal mereka juga cuma manusia yang sedang mencari-cari apa sebenarnya makna cinta.

Beberapa macam cinta berdasarkan mitos dan anggapan masa lalu.

  1. Cinta seperti dewa / dewi
  2. Cinta yang pahit manis
  3. Cinta sebagagai suatu kebutuhan untuk bertemu dari sesuatu yang terpisah dan sebagai mahluk yang berpasang-pasangan
  4. Cinta yang romantis. Cinta yang romantis juga terbagi 2 yaitu romantis optimis dan romantis pesimis.